Minggu, 31 Juli 2011

Pengertian Mengukur, Satuan dan Besaran

Peristiwa fisika dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di Pasar pedagang melakukan pengukuran, yaitu menimbang gula, menimbang terigu dan menimbang minyak sesuai dengan permintaan pembeli. Pedagang kain mengukur panjang kain yang dibeli oleh pembeli. Jadi, dimana-mana kita dapat melihat pengukuran.
Apa yang dimaksud dengan mengukur ? Cobalah ukur panjang mejamu dengan dua alat ukur yang berbeda, yaitu dengan lidi pendek dan lidi panjang.
Misalnya, dua puluh lidi pendek dan dua puluh lidi panjang. Mengapa berbeda ? Karena alat ukur yang dipakai berbeda ukurannya. Dari kegiatan tadi apa yang kamu lakukan ? yang dilakukan sewaktu mengukur panjang menja adalah membandingkan panjang meja dengan alat ukur panjang, yaitu lidi pendek dan lidi panjang. Jadi yang dimaksud mengukur adalah membandingkan suatu besaran dengan suatu satuan. Lidi pendek dan lidi panjang disebut satuan panjang. Satuan adalah suatu pembanding di dalam pengukuran. Bilangan 20 disebut nilai. Panjang disebut besaran. JAdi besaran adalah sesuatu yang mempunyai nilai dan satuan serta dapat diukur.